Pages

Sabtu, 01 Oktober 2011

Pengertian bumi dan pembagian muka bumi

Bumi merupakan salah satu planet dalam susunan tata surya sebagai ruang tempat hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain bumi,dalam tata surya kita masih terdapat planet-planet yang lain, yaitu: merkurius, venus, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus, pluto. Kesembilan planet ini beredar mengelilingi matahari. Sistem atau teori ini disebut teori heliosentris (helios = matahari). Pendapat ini dikemukakan oleh seorang berkebangsaan Jerman, yaitu Copernicus. Sebelumnya ada pula orang yang beranggapan bahwa pusat tata surya adalah bumi, pendapat atau teori ini disebut teori geosentris (geo = bumi). Pendapat ini dikemukakan oleh Claudius Ptolomeus.
Sebagai anggota tata surya, bentuk bumi bulat seperti bola, dengan bukti-bukti sebagai berikut:
a. Perjalanan mengelilingi bumi menuju satu arah akan sampai pada titik semula dari arah yang berlawanan.
b. Bila ada kapal yang menuju pantai, maka yang tampak lebih dahulu adalah asap, kemudian cerobong asap dan tiangnya, terakhir barulah badan kapalnya.
c. Bayangan bumi yang jatuh di bulan pada waktu gerhana berbentuk lingkaran.
d. Pemotretan bumi dari angkasa menggambarkan bahwa bumi memang bulat.
e. Pada waktu matahari terbenam, awan dan gunung yang tinggi masih kelihatan.

Bumi mempunyai dua macam gerakan, yaitu sebagai berikut:
a. Rotasi, yaitu gerakan bumi berputar pada sumbunya dari arah barat ke arah timur (sekali putaran 24 jam dalam sehari semalam).
b. Revolusi, yaitu gerakan bumi beredar mengelilingi matahari (berputar sambil berotasi) sekali putaran satu tahun.

Permukaan bumi terbagi menjadi belahan bumi utara (hemister utara) dan belahan bumi selatan (hemister selatan), serta belahan bumi barat dan belahan bumi timur. Belahan bumi utara dihitung mulai dari garis lintang 0 derajat (garis khatulistiwa) sampai kutub utara. Belahan bumi selatan dihitung mulai garis lintang 0 derajat sampai kutub selatan. Belahan bumi barat dihitung mulai dari garis meridian 0 derajat yang melalui kota Greenwich ke arah barat sampai garis meridian 180 derajat. Oleh karena itu, garis meridian 180 derajat BB dan 180 derajat BT bertemu di Samudera Pasifik dan ditetapkan sebagai batas tanggal internasional.

Tujuh puluh persen permukaan bumi tertutup oleh air, terutama berupa samudera. Samudera yang ada di bumi, yaitu Samudera Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik (Laut Es Utara). Tiga puluh persen permukaan bumi berupa daratan, terutama benua dan pulau.

Benua adalah daratan yang sangat luas yang bagian tengahnya tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut. Benua yang ada di bumi, yaitu Benua Asia, Amerika, Afrika, Eropa, Australia, dan Antartika. Satu-satunya benua yang tidak dihuni oleh manusia sampai saat ini yaitu benua Antartika yang terletak di ujung selatan bumi.

Pulau adalah daratan yang dikelilingi oleh air. Kumpulan beberapa pula akan membentuk kepulauan. Di bumi ini terdapat banyak pulau dan kepulauan yang tersebar di seluruh dunia. Di antara ribuan pulau itu, ada sepuluh pulau terbesar di dunia yang urutannya sebagai berikut:
a. Pulau Greenland
b. Pulau Irian
c. Pulau Kalimantan
d. Pulau Madagaskar
e. Pulau Baffin
f. Pulau Sumatera
g. Pulau Honshu
h. Pulau Inggris
i. Pulau Victoria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar