Pages

Sabtu, 01 Oktober 2011

Jenis-Jenis Dioda

        Sebagai mahasiswa fisika, Anda akan belajar tentang dioda. Untuk mulai dengan, adalah penting untuk memahami bahwa ada beberapa jenis dioda yang tersedia. Mereka digunakan untuk memungkinkan beragam jenis aplikasi yang harus dipenuhi. Dioda untuk tegangan tinggi dan saat ini, untuk aplikasi sinyal kecil, deteksi cahaya dan emisi, dan juga untuk menyediakan kapasitansi variabel yang tersedia saat ini. Selain itu, ada berbagai jenis dioda yang juga digunakan dalam aplikasi microwave.
Sebelum pergi ke depan, penting untuk memahami apa sebenarnya adalah sebuah dioda. Ini adalah perangkat dua-terminal, yang memiliki dua elektroda aktif, dan antara perangkat yang memungkinkan aliran arus hanya dalam satu arah. Diode-diode ini dikenal untuk properti yang ada searah, sedangkan arus listrik diizinkan untuk mentransfer hanya dalam satu arah. Perangkat ini sebenarnya digunakan untuk gagasan meluruskan bentuk gelombang. Mereka dapat digunakan dalam pasokan listrik atau detektor radio.
Alat ini juga digunakan di sirkuit mana efek satu arah dari dioda yang paling dibutuhkan. Sebagian besar dioda dibuat dengan menggunakan bahan semi-konduktor seperti silikon dan germanium. Dioda dikenal untuk mengirimkan arus listrik hanya dalam satu arah. Namun, metode ini dapat bervariasi banyak. Ada berbagai jenis dioda yang dapat digunakan dalam desain elektronik. Beberapa dari mereka yang disebutkan di bawah ini:
Emitting Diode cahaya (LED): ini adalah jenis yang paling populer yang memungkinkan aliran arus listrik antara elektroda, dan cahaya yang dihasilkan. Dalam sebagian besar kasus, sinar inframerah tidak terlihat karena frekuensi nya yang tidak memungkinkan visibilitas. Pada saat dioda yang diaktifkan atau forward-bias, elektron kembali menggabungkan dengan lubang dan memancarkan energi dalam bentuk cahaya. Selanjutnya, warna cahaya tergantung pada energi gap-semi-konduktor itu.
Avalanche Diode: Perangkat ini beroperasi di bias terbalik, dan dimanfaatkan hasil longsoran salju untuk operasi. Kerusakan ini biasanya terjadi di persimpangan PN keseluruhan, ketika tegangan tetap konstan dan independen dari arus listrik.
Laser Dioda: Ini sangat berbeda dari jenis LED, seperti yang dikenal untuk menghasilkan cahaya koheren. Perangkat juga menemukan aplikasi mereka di laser pointer, DVD dan CD drive, dll Mereka lebih mahal daripada LED tapi lebih murah daripada jenis lain generator laser.
Jika Anda ingin belajar tentang jenis lain yang berbeda dari dioda dan menggunakan mereka kemudian mempertimbangkan untuk menyewa tutor rumah pribadi yang dapat menjelaskan kepada Anda dengan ilustrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar